Jempol yang indah

Minggu, 13 Februari 2011

Sejarah

Ada sedikit pertanyaan dibenak saya tentang kata-kata ini. Walaupun kata ini cuma satu kata saja tapi entah kenapa efeknya sangat tinggi. kata-kata ini saya akuin dewasa ini sudah sangat dilupakan, bahkan walaupun kata-kata ini tercantum disebuah fakultas ataupun jurusan sangatlah jarang diminati, entah mungkin karena paradigma pelajar masa kini yang kemarin sudah saya bahas dicatatan sebelumnya atau mungkin karena sifat fakultas atau jurusan ini eksklusif?mau tau kata-katanya apa?, kata-kata ini ialah SEJARAH.

saya tahu, kata-kata ini sudah bukan hal yang tabu lagi kita dengar, para tokoh terkenalpun selalu berbicara sejarah dikala dirinya sedang dilanda masalah, seperti fidel castro (presiden Kuba 1976-2008 atau seorang revolusioner Kuba) pernah mengatakan atau berpidato yang terkenal yaitu History will absolve me, yang artinya ialah Sejarah akan membebaskan saya. Bahkan bukan tokoh revolusioner luar negeri saja yang berkata tentang sejarah, tapi di Indonesia pun ada, seperti tokoh proklamator dan presiden pertama RI yaitu Soekarno, kata-kata beliau tentang sejarah sangatlah banyak diantaranya "JAS MERAH" (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah) dan "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya". sekarang pertanyaannya adalah kenapa mereka semua berkata seperti itu?apakah ada sesuatu dibalik ucapan-ucapan tersebut?.

yang dapat saya ambil kesimpulan dari kata-kata ini ialah bahwa sejarah merupakan senjata pamungkas. yang artinya bahwa sejarah akan menacri dan menceritakan sebuah kebenaran. Sejarah bukanlah sesuatu yang memiliki kebenaran, tapi sejarah ialah sesuatu yang berusaha mencari kebenaran. Banyak cerita yang sampai saat ini masih tertutup oleh kabut yang gelap gulita, tertutup debu, dan tertutup lainnya. Oleh karena itu, tugas sejarahlah yang akan membuka sesuatu yang tertutup itu walaupun tidak 100% terbukanya. Dan sejarahpun merupakan sebuah pelajaran yang terpenting dalam hidup ini. Ah mungkin itu dulu aja pembukaan dari saya, selanjutnya saya serahkan kepada kawan-kawan tentang kata kecil ini.

wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar